Kamis, 07 November 2019

PENERAPAN ZEN PADA LACI PINTU SLEDDING


PENERAPAN ZEN PADA LACI PINTU SLEDDING


Assalaikum wr. wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu "ZEN".Dalam bahasa JEPANG arti Zen sendiri yang sebenarnya adalah:

 
善は急げ

Dibaca: “Zen wa isoge”

Arti harfiah: Bergegaslah untuk hal yang baik
Makna: Jika terpikirkan hal yang baik, maka jangan ragu dan segeralah mengerjakannya sebelum berubah pikiran.

Sedikit bercerita tentang asal apa itu Zen. Ajaran Zen adalah ajaran yang berkembang luas di Jepang, meskipun sebenarnya Zen berasal dari Cina. dalam perkembangannya di Jepang, ajaran Zen banyak mempengaruhi pola hidup orang Jepang, termasuk budaya mereka.

Metode yang digunakan oleh bangsawan Dogen dalam menerapkan ajaran Zen di Jepang sangatlah tegas. Metode yang digunakan berdasarkan prinsip Zen secara bahasa berarti duduk dan meditasi adalah duduk bersila dengan tujuan menghilangkan rasa marah, kesal, dan ego dengan jalan mengosongkan dan menata kembali pikiran.
Ajaran ini mengajarkan bahwa seseorang harus menemukan pengertian tentang kehidupan meski dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Dan apa hubungannya dengan materi interior pada pembuatan ruang ABK Simulator? Atau bahkan kehidupan sehari-hari? Hubungannya terletak pada kalimat "Bergegaslah untuk hal yang baik", dari kalimat tersebut saya menangkap bahwa Berubah untuk hal baik itu perlu dilakukan dan itu dimulai dari diri sendiri. Dan hubungannya untuk ruang simulator adalah ketika kita dituntut untuk melakukan sebuah improvisasi atau perubahan terhadap gambar desain yang sudah ada . 

Lalu apa kaitannya ZEN dengan Interior Kapal?. Jadi pada kali ini saya akan menggunakan pinsip pemikiran ZEN pada saat melakukan pengerjaan simulator ruang ABK.
Penerapan prinsip pemikiran ZEN saya terapkan pada bagian pengerjaan saya. Pada blog ke-2 saya menjelaskan pengerjaan saya yaitu tempat tidur bertingkat dengan penempatan laci dibawahnya. Pada pemasangan laci kami menggunakan pintu slide.

Pintu slide yang kami maksud disini ialah menggunakan potongan-potongan triplek yang kami susun diatas selembar kain dan kami temple menggunakan lem kuning (fox). Untuk tempat pintu atau relling kami menggunakan kayu yang diberi alur atau sponeng.

Lalu penerapan ZEN pun kami gunakan. Seharusnya pemasangan pintu slide menggunakan roda dan juga relling pada/alur pintunya untuk memperlacar gerak pintu sledding. Tetapi kami menggunakan pemikiran ZEN, jadi pada kali ini kami menggunakan isolasi pada bagian bawah dan atas pintu dan juga memberikan lilin pada alur atau relling tempat pintu tadi sebagai pengganti roda dan relling. Sehingga antara isolasi dan juga lilin bisa memperlancar pintu sledding seperti halnya menggunakan roda dan juga relling.



Alat :                                             Bahan :
-Gunting                                        -Isolasi
                                                       -Lilin

Demikian penjelasan saya tentang apa itu ZEN dan penerapan saya tentang ZEN pada pengejaan simulator ruang ABK. Semoga bermanfaat, Wassalaamu'alaikum wr. wb.

13 komentar:

  1. Apa harus diberi solasi dan lilin?apakah ada cara lain selain itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isolasi dan lilin hanya sebagai pengganti relling dan roda yang biasa digunakan pada pintu sledding.
      Terimakasih sudah mampir diblog saya.

      Hapus
  2. apakah menggunakan solasi dapat bertahan lama? terima kasih :) smile"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak bertahan lama jika permukaan relling dapat mengahancurkan isolasi sebagai pengganti roda tersebut terlalu sering digesekkan. Tetapi jika permukaan relling diolesi lilin yang banyak kemungkinan prmukaan tersebut menjadi licin sehingga tidak menhancurkan isolasi karena gesekan pintu sledding tersebut.
      Serimakasih sudah memgunjungi blog ini

      Hapus
  3. berapa ukuran potongan-potongan triplek yang disusun? dan harus berjumlah berapa? saran saya, cantumkan juga langkah-langkahnya. terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Potongan berukuran L : 2 CM, T : sesuai dengan kebutuhan yakni sesuai dengan tinggi dipan dan sisi masuk kedalam relling.
      Baik halaman ini akan saya perbaiki. Terimakasih sudaah berkunjung diblog saya.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Mohon maaf jika hanya menggunakan gambar berupa sketsa.
      Terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

      Hapus
  5. Mengapa laci kasur dibuat sliding? mengapa tidak buka-tutup?

    BalasHapus
  6. jika menggunakan isolasi,isolasi apa yang digunakan agar benar-benar dapat melumasi jalan pintu sliding? karena isolasi memiliki berbagai macam jenis

    BalasHapus
  7. lebih baik diberikan spesifikasi alat dan bahan dan gambarnya juga diperjelas agar mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  8. mengapa anda menggunakan bahan lilin untuk mempermudah jalan nya rell sleding

    BalasHapus

PENERAPAN ZEN PADA LACI PINTU SLEDDING