Kamis, 12 September 2019

PEKERJAAN INTERIOR KAPAL


MENDESAIN INTERIOR KAPAL


1.    Bentuk dasar ruangan di kapal

            Dalam merencanakan interior kapal pada dasarnya sama dengan merencanakan interior pada bangunan–bangunan darat lainya. Hal yang membedakan adalah lingkungan, dimana kapal beroperasi di daerah yang korosif, adanya gaya-gaya luar yang bekerja seperti ombak yang besar, badai dan gangguan dari dari lingkungan lainnya. Selain itu salah satu  yang membedakan adalah bentuk ruangan yang khas dengan bentuk kapal, ruangan yang terbatas/ kecil dan terkadang dengan bentuk yang tidak tentu seperti melengkung dan lain sebagainya. Sedangkan dalam situasi tertentu ruangan yang sempit atau terbatas dituntut dapat memenuhi kebutuhan sebagai tempat tinggal, tempat bekerja dan istirahat dari krew atau r kapal selama dalam pelayaran yang terkadang tidak hanya membutuhkan waktu yang sebentar bahkan bisa berbulan bulan tinggal dikapal. Oleh karena itu  sebuah interior suatu ruangan dikapal haruslah dapat memenuhi tuntutan tersebut diatas.  


Sebelum kapal dibangun, ada tahap pembuatan rencana umum (general arrangement). Dalam rencana umum tersebut telah direncanakan  berapa jumlah krew/ penumpang kapal, berapa jumlah ruangan yang harus disediakan serta ukuran-ukuran dari tiap ruangan dan penggunaanya . Dalam sebuah rencana umum, bahkan telah direncanakan tataletak dari perabotan, mebel yang akan dipasang serta posisi dari peralatan tersebut.
            Pada kapal-kapal dagang seperti general kargo, tanker, kontainer desain interior hampir sama, dapat dikatakan tidak ada perbedaan karena pada kapal tersebut yang paling utama adalah ruang muat yang semaksimal mungkin. Manusia yang tinggal hanyalah krew kapal yang mengoperasikan kapal dengan tujuan perdagangan yang tujuan akhir adalah keuntungan yang sebesar besarnya. Lain halnya pada kapal kapal penumpang terlebih pada kapal pesiar, desain interior sangatlah diutamakan, hal tersebut berkaitan dengan tujuan utamanya adalah kepuasan pelanggan/ penumpang. Sehingga bentuk ruangan dan interior pengisinya pun bisa melebihi hotel bintang lima.



            Bentuk dasar ruangan yang dikapal secara umum mengikuti lengkungan/ bentuk dari kapal tersebut. Jumlah dan macam ruangan untuk kapal dagang/ merchant ships biasanya disesuaikan kebutuhan seperti :
Pembagian ruangan – ruangan utama ( main – spaces ) yakni :
-       Ruangan Muatan.
-       Ruangan mesin.
-       Ruangan akomodasi anak buah kapal dan penumpang.
-       Ruang Navigasi.
-       Tangki – tangki.
-       Ruangan lainnya.

RUANG ABK
            Ruangan akomodasi anak buah kapal (ABK) merupakan ruangan dimana dalam ruangan tempat krew istirahat, mengerjakan tugas dan aktivitas lainya. sehigga dalam menentukan letak, jumlah, jenis, kapasitas, dan ukuran  dari ruangan – ruangan berikut ( termasuk perlengkapan didalamnya ) berdasarkan tingkatan dan jumlah anak buah kapal dan penumpang dengan memperhatikan super structure dan deck – house yang tersedia.
-       Sleeping room.(ruang tidur)



-       Mess room ( dining room )/ ruang makan /santai.
-       Washing accommodation.(ruang cuci)
-       Hospital(klinik/rumahsakit dikapal)
-       Galley dan provision store.(dapur dan ruang penyimpan makanan)
-       Acces (jalan), ladder(tangga) dan stairs dalam hubungannya dengan means of escape (jalan menyelamaatkan diri saat terjadi kecelakaan/ kebakaran ) sesuai konvensi SOLAS 1960 /1974.



Penataan Ruang Pada Kapal
Penataan ruangan pada kapalPenataan ruang pada kapal-kapal baik itu kapal penumpang, kapal pesiar dan yang lain. Kepuasaan tersendiri bagi penumpang selama tinggal beberapa hari di dalam kapal. Kondisi ruangan dan peralatan interior lainnya tentulah sangat berperan penting.
 Mengingat ruangan di kapal sendiri pastinya butuh fasilitas untuk memenuhi penumpang di kapal, baik itu mebeler, peralatan teknologi dan lain-lain. Maka dari itu, penataan ruang sangat lah penting untuk menjamin kenyamanan bagi penumpang kapal. Dan pada perencanaan ruang sendiri perlu diperhatikan beberapa hal supaya Desain Interior Kapalnya menjadi benar dan menarik. Berikut ulasannya.
§     Keinginan pemakai
§     Tujuan pemakai
§     Fungsi dari perabot
§     Bahan yang dipakai
§     Konstruksi atau bentuk ruangan pada kapal.




Berikut Penataan ruang di kapal
1. Ruang Akomodasi
Sebelumnya apa itu Akomodasi? Akomodasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk bertempat tinggal sementara. Jadi kalau diartikan dalam bahasa perkapalan ruang akomodasi sendiri artinya tempat tinggal salah seorang ABK. Berikut ini beberapa hal kebutuhan ruang akomdasi bila dilihat secara umum.
§     Tinggi ruang bebas minimum adalah 2.1 meter.
§     Tempat ibadah





2. Ruang tidur
Model tempat tidur terbaru memiliki banyak jenis dan kualitas. Jenis tempat tidur terbaru pada umumnya memiliki desain minimalis seperti rumah minimalis  yang sedang trend pada saat ini. Tempat tidur terbaru dilihat dari kualitasnya juga memiliki banyak varian tergantung dari produsen tempat tidur tersebut. Tempat tidur murah pada umumnya memiliki kualitas standart, akan tetapi desain atau model tempat tidur murah dengan kualitas standart tersebut merupakan model tempat tidur terbaru.

Dari penjelasan diatas, tempat tidur pada kapal berbeda dengan di rumah-rumah. Juga pada persyaratan untuk ruang tidur pun ada bedanya. Berikut ulasan mengenai persyaratan ruang tidur di kapal.
§     Tidak boleh ada hubungan langsung di dalam ruang tidur dan ruang untuk palkah, ruang mesin, dapur, ruang cuci untuk umum, WC, lamp room, paint room, dan drying room (ruang pengering).
§     Ruang tidur harus di letakkan di atas garis air muat di tengah atau di belakang kapal.
§     Luas lantai untuk ruang tidur per orang yaitu 2.78 meter persegi. Dengan catatan ukuran luas tersebut digunakan bila kapal > 3000 BRT.
§     Tinggi ruang dalam keadaan bebas minimal 1900 mm.




    Demikian materi yang dapat dapat saya ulas, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesalahan. :)


4 komentar:

  1. Untuk penjelasan mudah dipahami dan sangat membantu sekali:)

    BalasHapus
  2. terimakasih sangat membantu, saya menjadi lebih tau tentang penataan ruang yang ada di dalam kapal

    BalasHapus

PENERAPAN ZEN PADA LACI PINTU SLEDDING